Selasa, 29 September 2009

11th Anniversary of Google

. Selasa, 29 September 2009

Raksasa internet Google kembali memantik kontroversi lewat tampilan logonya alias Google Doodle-nya. Pada Minggu (27/9), dalam rangka memperingati hari jadinya yang kesebelas, Google menambahkan angka 11 pada desain logonya. Tapi, desain khusus tersebut justru membuat logo Google seolah kelebihan huruf / menjadi Googlle.

Para pengguna internet yang biasa memanfaatkan Google sebagai mesin pencari menganggap tampilan logo ultah kesebelas itu sebagai kesalahan eja. Maka mereka lantas melaporkan kejanggalan tersebut. Dalam hitungan menit, ribuan pertanyaan masuk ke database Google tentang kesalahan eja itu. Mengapa Google sekarang menggunakan dua huruf l? ketik salah seorang pengguna internet seperti dikutip Daily Mail.
Beberapa jam kemudian, Google mengoreksi logonya. Tapi, itu dilakukan bukan karena pertanyaan tentang salah eja banyak, Mesin pencari paling populer tersebut kembali memakai logo resmi akibat ramainya perdebatan tentang tanggal lahir Google di internet.

Tahun lalu, konon Google memasang logo ultah kesepuluhnya pada 2 September. Padahal, di Wikipedia tertulis, Google didirikan pada 4 September. Lalu, mengapa logo Google edisi ultah kesebelas? Sejumlah versi mengatakan, Google pertama diluncurkan pada 27 September 1998.

Perusahaan yang didirikan Sergey M. Brin dan Lawrence E. page di Menlo Park, California, tersebut dikenal andal sebagai mesin pencari. Belakangan, Google menjadi lebih populer berkat Gobgle Doodle. Tampilan logo yang berubah-rubah bergantung momen dan even internasional itu sukses mengundang perhatian para pengguna internet.

Awal pekan lalu, Google Doodle menampilkan gambar-gambar samar pada logonya. Desain tersebut sengaja ditampilkan untuk memperingati hari lahir pengarang buku-buku fiksi ilmiah Inggris Herbert George Wells, Kemarin (28/9) Google mendesain logonya untuk merayakan ulang tahun ke-2.560 filsuf tenar Tiongkok Confucius.

Google Doodle muncul kali pertama pada 1998. Saat itu Page dan Brin berniat mengabadikan kenangan mereka terhadap Burning Man Festival di Nevada dengan menambahkan gambar orang terbakar pada logo Google. Seniman yang didapuk sebagai perancang desain Google Doodle pertama adalah Dennis Hwang. Sarjana seni itu masih tercatat sebagai pekerja lepas Google. Dinilai sukses, Hwang pun lantas dipercaya sebagai perancang Google Doodle oleh para pendiri Google.

Google lahir dari tangan dingin Page dan Brin yang saat itu masih berstatus mahasiswa. Keduanya bekerja sama melahirkan Google pada 1995 di Stanford University Amerika Serikat. Tahun berikutnya, mereka mulai menciptakan mesin pencari Google. Keduanya lantas mendaftarkan Google secara resmi pada September 1997, Setahun kemudian, mereka baru mengoperasikan Google dari garasi rumah Susan Wojcicki. (hep/ttg). JP. 29/9/09

11 komentar:

reni mengatakan...

Selamat ulang tahun Google...!! :D

osi mengatakan...

Happy Birthday Google....

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Met Ultah google!!!:)

Bunda Sasha mengatakan...

sempet liat si google dengan double L nya :D
mbatin sajah waktu ituh...
salam kenal...

miko mengatakan...

met ulang tahun google.

Rizkyzone mengatakan...

berarti google ultahnya simpang siur dong... met ultah buat google yg k sebelas... moga makin jaya

FATAMORGANA mengatakan...

mantep,...infonya sobat. Sory baru sempat berkunjung.

Unknown mengatakan...

met ultah buat google,....tp kok pagerank gak update2 ya,.....

kang link akang dah terpasang cek disini www.fajarbukan.blogspot.com

Unknown mengatakan...

salam sahabat..
kunjungan telat he..he..ga papa kan ? ok Happy Birthday ya...smg paman Geogle selalu merhatiin kita jadi fans-nya he..he...good blog...nice day for U...dhana dah folow,kalo follow balik mau or udah belum??thnxs alot...

kitchenaid parts mengatakan...

Selamat hari lahir buat google.

astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

weks saya gak engeh waktu itu, ternyata google ultah toh.. ahahahha.. payah nih akanglil gimana sih.. hihihi

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com