Rabu, 05 Mei 2010

Masih Perlukah Ujian Nasional ?

. Rabu, 05 Mei 2010

Udah sepekan lebih ga' update postingan. Kali ini aku pingin sharing nih mengenai fenomena dari adik2 pelajar kita dalam menyikapi Ujian Nasional (UN). Dari Mass Media baik elektronik maupun cetak tidak sedikit yang menilai negatif tentang pelaksanaan UN, masih pantaskah dijaman sekarang ini ada Ujian Nasional ?

Ujian? Waw, kalau qta dengar kata itu biasanya bikin deg-degan. Apalagi kalau ujian yang dimaksud adalah Ujian Nasional. Waah... bisa bikin gila! Ujian Nasional memang menyibukkan pesertanya karena ujian tersebut merupakan ujian penentu kelulusan. Tiga atau enam tahun sekolah demi Ujian Nasional yang hanya sepekan. TERLALU....

Momok yang ditakuti setiap pelajar itu udah berlalu beberapa hari yang lalu. Tapi trauma akan segala tuntutan dan konsekuensinya masih membekas dalam benak setiap pelajar. Itulah salah satu sebab mengapa Ujian Nasional menjadi sebuah perdebatan. Sebenarnya masih pantaskah Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan ???

Ujian Nasional memang perlu dilakukan supaya peserta didik yang akan diluluskan benar-benar memenuhi standar nasional. Namun bagaimana jadinya, misalnya ada seorang juara olimpiade mata pelajaran eksak yang terpaksa salah satu nilai mata pelajaran yang diuji dalam Ujian Nasional sedikit di bawah nilai minimal karena suatu hal? Sementara seorang murid biasa dengan kemampuan pas-pasan bisa lulus Ujian Nasional meski nilainya mepet nilai minimal yang sudah ditetapkan. Apakah itu adil? Bagaimanapun juga Ujian Nasional tidak bisa dijadikan tolak ukur kemampuan siswa.

Karena dari fenomena yang ada, setiap tahun nilai tingkat kelulusan dinaikan dengan harapan dapat dicapai dengan semaksimal mungkin, tapi kenyataannya justru terbalik angka kelulusan siswa semakin buruk, semakin banyak sisaw-siswi yang tidak lulus, dampaknya banyak histeris karena tidak lulus, ada rasa menyesal, malu bahkan nekat bunuh diri. Bagi mereka yang lulus rasa riang gembira yang ada, tapi bagi mereka yang tidak lulus yang ada diselimuti rasa sedih.

Melihat tingkat kelulusan yang semakin tahun semakin merosot, apakah masih perlukah diadakan UN ditahun-tahun mendatang? ada apa dengan sistim pendidikan kita, ada yang salahkah? atau mungkin adanya penurunan tingkat kualitas pendidikan dari masing-masing siswa-siswi. Apalagi untuk zaman sekarang bagi mereka yang tidak lulus di UN masih bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mengkuti ujian paket A, B, maupun C. Nah... Jika dengan adanya ujian paket A,B, maupun C ini sudah menjadi alternatif dari masalah yang dihadapi bagi mereka yang tidak lulus, maka sebaiknya UN tidak usah diadakan saja, ah bingung... bagaimana menurut anda ?????

Kalo nurut hematku sih Kebijakan adanya Ujian Nasional seharusnya diimbangi dengan peningkatan mutu guru, perbaikan sarana penunjang pendidikan, serta peningkatan akses pendidikan. (Ceah.... sok jadi pengamat niye...)

33 komentar:

Business and financial services mengatakan...

memang UN ini menjadi suatu polemik di dunia pendidikan kita, kita tidak bisa sepenuhnya mengutarakan kalau UN itu tidak seharusnya di adakan, bisa saja diadakan UN itu tapi yahh perlu diimbangi dgn standar pendidikan para murid2nya secara menyeluruh kesemua daerah/pelosok2.

kita perlu ingat juga....mutu standar pendidikan daerah ibu kota jakarta,medan,surabaya,bandung,semarang itu sangat jauh berbeda sekali dgn yg berada di ambon,maluku,papua dll.

Awan mengatakan...

Setuja boss..

belum lagi yang disebabkan kesalahan prosedur,
salam kenal,

komen perdana nih..

Ilyas Prawibawa mengatakan...

horre PERTAMAX...khehehe....

kalo menurut saya pribadi sih, gimana ya???
UJIAN ittu perlu, tapi bla' bla' bla' bla'....
stuju dengan Bang Tovarossi,
"Ujian Nasional seharusnya diimbangi dengan peningkatan mutu guru, perbaikan sarana penunjang pendidikan, serta peningkatan akses pendidikan" ^_^

rahmatea mengatakan...

ujian nasional tetap perlu.....
sarana dan prasarana pendidikan di berbagai daerah perlu juga ada standarisasinya...biar semuanya sama dan rata.....

Johnson Manurung mengatakan...

keberadaan Ujian Nasional tentunya diperlukan sebagai salah satu ukuran standar pendidikan dan keberhasilan bukan saja siswa tapi juga tenaga pendidikan dalam knowledge transfer.

Ms. Hesty,, mengatakan...

menurut saya ujian nasional itu perlu..
tapi gag usah jadi acuan lulus atau gag nya.. heheh..
karna yang bikin stress pelajar itu bukan ujian nas nya tapi karna UN itu dijadikan sebagai tolak ukur lulus yaa jd strees.. hehehe

ina mengatakan...

perlu dunk.... ujian nasional kan sebagai tolak ukur, apa yg siswa dapat selama belajar 3 tahun di sekolah... ya kan??? hehehe

Mystery of the World mengatakan...

siip ...
bener bgt gan
saya sependapat, apalagi sam,a bagian yg terakhir tuh
hehe

zonda mengatakan...

memang masih sulit kelihatannya mas, untuk melakukan perubahan2
tapi yang jelas kedepannya akan semakin baik kok

:D

ureh mengatakan...

UN kan suatu proses,kalau UN aja udah nyerah, apalagi kalau kuliah,bingung skripsi,bingung TA (pengalaman pribadi)

Gudangrusak mengatakan...

Harus ada tuh ujian nasional, masa lulus tanpa di uji??? =)) tapi guru guru juga harus merata kwalitasnya. kalo gurunya payah pasti muridnya lebih payah.... :D

psikologi dan konseling mengatakan...

hm.. ini permasalahan yang cukup dilematis.. jika UN mau di hilangkan, indikator apa yang dapat menentukan kelulusan siswa? jadi, persiapkan dulu pengganti UN jika UN mau di hapuskan..

akhatam mengatakan...

Ya kalo saya sih setuju2 aja.. Tapi Ujian Nasional jangan dijadikan Patokan donng... Kasihan tuh murid2nya pada bunuh diri...

Bersama Untuk Berbagi mengatakan...

follow balik ya om...

Komputer Tips- soul mengatakan...

enggak perlu.. biar tahun depan aman... :D

gak mutu mengatakan...

kalau memang UN mau dilanjutkan harus diperbaiki dulu sistem dan semuanya ....
jangan hanya karena satu pelajaran yang gak memenuhi standard terus siswa tersebut dinyatakan tidak lulus ...
lebih baik diambil nilai rata-rata untuk menentukan kelulusannya .....

Bayu Lebond mengatakan...

jaman gw sekolah dulu, goblog gak papa...yg penting banyar pasti lulus...

ahmad mengatakan...

komen ane idem ama kang akhatam. hehehe

angger mengatakan...

menurutku UN itu perlu,tapi bukan sebagai acuan seorang siswa itu lulus atau tidak,kasiah mereka..

sekolah yang udah ditempuh selama 3 tahun harus ditentukan dalam 4 / 3 hari

budiawanhutasoit mengatakan...

UN perlu direview..kalo tujuannya utk adanya standarisasi, bagaimana dengan sekolah di daerah Sumut, yang tidak memiliki guru yang mengajar Fisika.
perlu ada perbaikanlah...jgn samakan standar pendidikan di Jakarta dengan yang ada dipegunungan di luar Jkt (yang murid2nya ke sekolah tanpa sepatu).

Techno mengatakan...

Wach sebenarnya kasihan juga sich mas tapi ya mo gmn lg kitapun juga kgk bs berbuat apa2,kita serahkan saja ama yg bersangkutan mas...:D

Joe ST mengatakan...

ane kagak setuju sama standarisasi unas, bukan patokan bahwa siswa itu berkualitas karena banyak skull yg curang juga.

rif mengatakan...

Halo Salam Kenal,,,Terimakasih Atas TutorialNya. Blog Anda Bagus, Manstab. Berkunjung Balik ya ???


Salam,

[rifweb]

penghuni60 mengatakan...

yg penting enjoy aja men jgn dibikin pusing :D

Tongkonan mengatakan...

Kalau menurut sy, UN masih penting. Karena tanpa UN sy yakin kualitas dari produk pendidikan kita akan semakin rendah.

blogais.com mengatakan...

memang sepertinya ujian nasional sudah tidak lagi dibutuhkan di masa mendatang karena terlihat sangat merugikan bagi para siswa maupun permerintah itu sendiri

Gudangblog | Belajar SEO mengatakan...

Wah... ujian nasional sebenarnya bagus dilakukan... gunanya agar semua lulusan baik dari desa maupun kota... Sama kemampuannya

cucu mengatakan...

UN,,cucu kira masih perlu nih..

Butik Bella mengatakan...

saya pribadi juga sangat setuju sekali dengan tetap diadakannya UN. Sebagai bentuk pertanggung jawaban dari ilmu yang telah di dapat sebelumnya. saya juga ngerasa aneh, ada siswa dgn tingkat intelegensi yg standar tapi bisa lulus.. sementara di lain hal.. ada juga siswa dengan tingkat intelegensi yang memadai..koq yah bisa gak lulus. Kira-kira kenapa bisa begitu yah..?

new moble phones mengatakan...

nice blog.... exchange link with me OK... add me and confirm to me for lnk back... THank

Shin-kun mengatakan...

Mungkin ada baiknya dikembalikan ke sistem EBTANAS aja kali yak, dan menurut Shin-kun, perlu pendidikan mental deh, kegagalan lulus kan bukan berarti kiamat, Shin-kun prihatin dengan sikap2 para siswa dalam menyikapi ketidaklulusan *sigh*...

TIP Kang Romly mengatakan...

UN hanya bagian loncatan hidup yg di buat oleh manusia lewat sekolah....kl mo hidup y..ikuti ujiannya..hahhha

Boy Malik mengatakan...

UN gk ada gunanya masa udah 3 tahun belajar di tentukan oleh UN saja kasihan yg tidak lulus dan alhamdulillah yg lulus karena mereka beruntung dan harus mendoakan temannya yg tidak lulus UN

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com