Rabu, 10 November 2010

"SANG PANGERAN" DARI NEGERI MENTENG

. Rabu, 10 November 2010

Kunjungan Barack Obama ke Indonesia Kemarin, Selasa 9 November 2010 yang tidak lebih dari 1 hari (cuma numpang lewat) tampak mendapatkan reaksi berlebihan khususnya dari Media Massa baik cetak, eletronik maupun internet. Ini melanjutkan kebiasaan latah dan berlebihannya media-media di Indonesia dalam memberitakan Amerika dan presidennya terutama dari era George Bush hingga Pemilu AS dan kemenangan Obama. Keterkaitan secara histori Obama dengan Indonesia (sempitnya menteng, tempat sekolahnya dulu) menjadi benang merah lainnya yang tidak bosan-bosannya diangkat, seolah-olah bak seorang pangeran Menteng yang mempunyai pengaruh luar biasa. Apakah Dia juga ikut memajukan SD Menteng...???
Setelah sekian lama meninggalkan Indonesia, dan menjadi orang nomer Wahid di AS mungkin Dunia, sekarang dikait-kaitkan dengan masa kecilnya di Indonesia, seakan-akan dia adalah murni produk Indonesia yang sekarang sukses di luar sana.

Ya, LEBAY.... Terlalu berlebihan. Itulah sikap kebanyakan media massa di Indonesia. Coba ingat kembali saat media di Indonesia terutama Stasiun TV swasta berlomba-lomba dan merasa bangga ketika meliput dan mewawancari Obama langsung di AS saat pelantikannya. Perlakukan terhadap Obama dan Amerikanya tampak lebih ekslusif dibanding terhadap negara lainnya.

Aq secara pribadi memang kaga' begitu respek dengan pemberitaan-pemberitaan atas kedatangan Presiden Barack Obama. Bak seorang Pangeran yang disanjung-sanjung dan dielu-elukan karena telah memberikan jasa yang luar biasa terhadap Bangsa Ini, dan sekarang sedang pulang kampoeng. Sampai-sampai pemberitaannya begitu dahsyat melebihi dahsyatnya letusan gunung merapi.

Khusus pada kunjungan Barack Obama ke Indonesia November 2010 ini hal unik dan menarik untuk diamati adalah adanya iklan-iklan dari Kedutaan besar Amerika Serikat di media besar, salah satunya yang saya lihat adalah di Kompas.com – ada sebuah iklan ‘Welcome Obama!’ – ya, dari sini ada sebuah asumsi atau dugaan kuat bahwa sebenarnya bisa jadi selama ini memang benar bahwa AS beriklan dan melakukan infiltrasi secara materi agar media-media di Indonesia membuat penting sosok Obama dan Amerika Serikat secara umum. Bagaimana dengan pemerintah Indonesia sendiri, ya tentu tidak kalah berlebihannya, simak bagaimana pengamanan atau service yang diberikan seperti; Pasukan khusus dari tiga matra TNI, yakni Kopassus TNI AD, Detasemen Jala Mengkara TNI AL, dan Detasemen Bravo TNI AU, akan dioperasikan dalam satuan tugas antiteror gabungan, mendukung 13.000 personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.’ – Luar biasa!

Apa sebenarnya agenda dari kunjungan Barack Obama ke Indonesia 9 November 2010 ini (kunjungan pertamanya sejak terpilih sebagai presiden AS)? Menurut Gedung Putih, misi Obama ke Indonesia adalah bukan khusus pada isu Ekonomi seperti kunjungan 3 hari Obama ke India sebelum bertolak ke Indonesia. Misi Obama dan AS dalam kunjungannya ke Indonesia adalah pada isu politik, pertahanan keamanan dan kebudayaan. Dalam hal kebudayaan, salah satunya sudah dipertegas dan disetting jauh-jauh hari, dengan semakin mengentalkan budaya hormat Indonesia pada Amerika.

Terlepas dari masih ragunya beberapa pihak akan kedatangan Obama, momen kedatangan Presiden AS ini selayaknya dijadikan suatu refleksi kritis bagi masyarakat Indonesia. Dengan penundaan kedatangan sebanyak dua kali yang telah dilakukan Obama, terlihat bahwa Indonesia belum dapat dikategorikan sebagai suatu negara yang layak dijadikan Strategic Partner bagi AS. Pasalnya, apabila Indonesia dilihat sebagai negara yang sangat penting bagi AS di kancah internasional, Obama pasti akan menyempatkan (dan bahkan) mengutamakan kunjungannya ke Indonesia langsung setelah ia terpilih sebagai Presiden AS.

Adapun kedatangan Obama ke Indonesia, dapat juga dilihat sebagai salah satu upaya AS untuk menjalin persahabatan erat dengan komunitas Islam terbesar di dunia. Seperti halnya yang dilakukan Obama di Mesir. Kuliah umum yang disampaikan Obama di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat spesial dan tidak dilakukan oleh Obama di negara-negara lain.

Mesir dan Indonesia adalah dua negara yang sama-sama memiliki populasi mayoritas muslim. Di Indonesia sendiri, kurang lebih sebanyak 90 persen dari 220 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Inilah yang menjadi alasan, mengapa Obama pada akhirnya mau tidak mau tetap harus melaksanakan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Indonesia walaupun belum dapat dikatakan sebagai salah satu mitra paling strategis AS, tetapi paling tidak dapat dijadikan sebagai satu sarana untuk meningkatkan citra AS di mata masyarakat Islam.

32 komentar:

Bayu Lebond mengatakan...

cuma ngomong bakso nasi goreng emping n semuanya enak aja kita dah buangganya setengah mati...lah adis aja dah bisa deklamasi... =))

anak nelayan mengatakan...

jujur..saya suka pidatonya

Media Nusantara mengatakan...

salam kenal .
boleh sii kita bangga obama mau dateng ke indonesi .
tapi seharusnya jangan terlalu berlebihan .

Tour Travel mengatakan...

saya suka banget pas dengar pidatonya di UI,thanks ya

z33s mengatakan...

Obama memang cocok di juluki sang ahli Pidato, apapun dilakukan untuk menggaet hati para pendengar, termasuk Indonesia.

salam sahabat, ikutan follow kang. klo sempat follow balik

mafiamusik.com - situs download lagu supercepat mengatakan...

@bayu lebond...

he he setuju :D

Sitemap tanpa Script mengatakan...

kalo lomba pidato kang obama mungkin juaranya, tapi kalo mo juara pidato kan ga harus jadi presiden dulu : senada kata mas bayu lebond :D.. yang lucu adalah: pengawal obama memeriksa persenjataan pasukan paspampres RI, sepertinya aneh sekaligus 'penghinaan' kalau disadari he he dalam bahasa TV7: 'siapa yang tamu, siapa yang tuan rumah'

Yulis Samoa mengatakan...

Semoga saja manisnya pidato Obama untuk Indonesia sama dengan Kata Hati nya... :)

akhatam mengatakan...

Memang luar negri punya trik dibalik itu semua.. kita mungkin ga tau maksudnya.. makanya jangan terlalu termakan dengan sikap barat yang baik dengan kita.. kita harus selalu waspada... jangan llengahh..

Sports Shoes mengatakan...

pidatonya obama ppas di UI emang keren .
baggus .

Nama Bayi mengatakan...

salam kenal .
pas obama pidato di UI keren ..
baggus .

hybrid cars mengatakan...

Itulah kelebihan Obama. bisa membuat orang suka, sekaligus benci... :)

mp3 plays mengatakan...

Waspada..waspadalah..

Pulsa Elektrik mengatakan...

Hehehe, setuju sob, mang TV swasta sekarang rada lebay....

Let's Share Together mengatakan...

pangeran dari kaum minoritas yang memimpin kaum mayoritas :D

souvenir pernikahan murah mengatakan...

salam kenal....

toko online mengatakan...

heboh banget si obama :))

mas acrom mengatakan...

waw pangeran bangsa amerika dulunya ada di Indonesia ya..wkwkwkw :D

Museum Budaya mengatakan...

salam kenal .
artikelnya bagus .
makasih .

Redjeq mengatakan...

bakso, sate, emping, krupuk semua enak. :D

pulsa elektrik murah mengatakan...

ah indonesia,kenaopa engkau slalu membanggakan orang yg blm memberikan sumbangsih apa2 kepada negeri ini.kenapa engkau tidak memberikan hal itu kepada veteran2 yg jelas2 sudah memberikan sesuatu yg sangat berharga " KEMERDEKAAN"

edwin mengatakan...

judulnya unik sob :))

Download MP3 Indonesia Gratis mengatakan...

barak obama itu harus kita waspadai,siapa tahu ada udang dibalik batu...

Blogwalking mengatakan...

Obama memang keren..

Obat jantung koroner mengatakan...

obama anak MENTENG memang kerrreeen gan , makasih buat infonya salam kenal aja gan

obat ginjal mengatakan...

makasih banyak buat infonya , semoga bermanfaat dan sukses selalugan

obat demam berdarah mengatakan...

makasih banyak gan buat infonya , semoga bermanfaat gan , sukses selalu yah

Obat Kanker payudara mengatakan...

obama memantpa tuh hehe, makasih banyak buat infonya

obat herbal penyakit diabetes mengatakan...

obama memang kren, makasi tas info'a,..

obat herbal darah tinggi mengatakan...

bangga juga ada bocah indo yg bisa mimpin dunia...hehehe
mksih gan

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami mengatakan...

ya setuju tuh, kita emng perlu bangga dengan kedatangannya tapi seharusnya tidak berlebihan,,
thanks ya atas infonya.. salam kenal.

recipe book mengatakan...

maju terus mas obama..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com