Selasa, 25 Mei 2010

Mobil Melaju Dengan Singkong? Apa Rahasianya

. Selasa, 25 Mei 2010

Sumber energi baru kembali ditemukan. Kalo sebelumnya aku pernah sharing tentang mobil yang bertenaga kopi10.000 cangkir kopi espresso, kali ini energi tersebut ada pada tanaman yang mudah tumbuh di mana saja, yaitu singkong. Tak tanggung-tanggung, tanaman ini ternyata memiliki energi yang mampu menggerakkan mobil.
"Singkong bisa diolah menjadi macam-macam, termasuk etanol yang bisa diperbaharui sehingga ramah lingkungan," kata Kepala Bidang Ekonomi Komite Nasional Masyarakat Indonesia (KNMI) Endy Priyatna, Senin (24/5/2010) di Jakarta.

Lalu bagaimana proses memproduksi etanol yang menjadi kandungan dalam bahan bakar kendaraan tersebut? Tahap pertama adalah proses pengupasan dan penggilingan singkong, penyaringan, hingga pengadukan. Kemudian bubur hasil penggilingan tersebut ditambahkan enzim, lalu dimasukkan ke dalam tangki penukar panas.

Setelah itu, masuk ke dalam proses fermentasi menggunakam ragi roti. Terakhir, hasil fermentasi tersebut dimasukkan ke tabung destilasi hingga akhirnya menghasilkan bioetanol. Bioetanol atau yang kemudian dinamakan biopremium inilah yang nantinya menjadi penggerak mesin kendaraan bermotor. Meski dinamakan Biopremium, kualitas bioetanol ini setaraf dengan pertamax keluaran Pertamina. Hal ini sudah diuji pada mobil-mobil mewah yang memiliki cc besar. "Kemarin sudah juga dilakukan test drive dari Jakarta ke Subang dengan jarak sekitar 200 km, dan tidak ada masalah," ujar Endy.

Selain kualitas yang tak kalah baik dengan yang dihasilkan bensin dari bahan bakar fosil, biopremium ini juga dinilai ekonomis. Menurut Endy, untuk menghasilkan satu liter etanol diperlukan enam kilogram singkong. Harga singkong Rp 400 per kilogram. Itu berarti, satu liter etanol hanya menghabiskan Rp 2.400 ditambah ongkos produksi Rp 1.000. Total harga satu liter etanol singkong menjadi Rp 3.400. Harga ini jauh lebih murah dengan yang ada di pasaran.

Namun, untuk memudahkan kinerja bahan bakar berbahan singkong ini, kendaraan masih memerlukan alat bantu yang berfungsi sebagai converter. Converter tersebut diletakkan pada filter bahan bakar sampai ke mesin. "Rencananya converter ini akan dijual dengan harga Rp 120.000," ungkap Endy. Penggunaan converter juga dilatarbelakangi belum adanya teknologi yang mendukung pembakaran untuk biopremium ini dalam standar mesin sekarang.

Penggunaan singkong sebagai bahan bakar kendaraan ini merupakan hasil penemuan S Adibrata, yang kemudian dibantu proses produksinya oleh KNMI. Penelitian sudah dilangsungkan selama empat tahun dan telah diuji coba ke 1.200 kendaraan bermotor dengan hasil yang memuaskan. Sobat2 berminat menggunakannya? silahkan aja, lumayan bisa ngirit ongkos.

42 komentar:

febri mengatakan...

mobil singkong.....????
kereeeeeeen

mobil si engkong bisa ga ya?

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Wah... betul2 sebuah inovasi baru.
makasih banyak atas infonya sobat.

etam grecek mengatakan...

BRILIANT......INOVASI TERBARU..PENEMUAN HEBATTT..

Ferdinand mengatakan...

Waduh....mobil jalan pake Singkong???????

wah bener2 kerenz tuh Sob...........Bensin bisa ga laku nie....hahaha......

putra mengatakan...

Wah hebat juga ya ..
Kalau bisa jalan dengan menggunakan singkong.
Kalau untuk nyalakan genset bisa nggak ya .. Haha

akhatam mengatakan...

Wahh aku juga dah tahu nihh... emangg kereennn bangetss.. btw, bisa butuh berapa singkong tuh.. heheh

aan mengatakan...

wduh..makanan ringan gw mau diambil sama mobil?? :D

merpati mengatakan...

Inovasi yang luar biasa biar hemat energi...:D

aguestri mengatakan...

Lok buat motor bisa nggak sob????

Pak Liek mengatakan...

satu lagi tambahan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan ....

Bayu Lebond mengatakan...

tp kl keabisan BBS dijalan gimana bung...apa udah ada yg jual BBSnya?

epl mengatakan...

Tongkat Kayu jadi Singkong buat menggerakan mobil.. SIIIIP

Johnson Manurung mengatakan...

singkong sebagai bahan bakar pengganti ... wah semoga saja dapat cepat terealisasi ...

Shobi Blak Magik mengatakan...

<a href="http://shobi-av.blogspot.com> wah ini yg perlu dikembangkan untuk kemajuan negara kita. mumpung belum diserobot maa negara lain.</a>

info backlink gratis mengatakan...

wah keren nih infonya, semoga saja ke depan bisa nggantiin lpg, biar ga kuatir 'njeblug' lagi.. he he

listrikdasar mengatakan...

keren euy,,,,

All About News and blogging mengatakan...

wow dah byk yah pengganti Bensin tinggal di kembangkan lg aja nih..

Rizky2009 mengatakan...

wah hebat bgt tuh mobil ber bahan bakar dari singkong

Kang marno mengatakan...

Berarti kalau begitu harus banyak2 menanam singkong sob, kalau memang biaya operasional pembuatan bioetanol dari singkong lebih murah dari beli bensin.

alisaptamarza mengatakan...

wah mudah2an teknologinya bisa di buat dalam produksi masal,jadi terjangkau bagi masyarakat Alisaptamarza

BeDa mengatakan...

Subhaanallah... karya anak negeri ini? Membanggakan

Salam ukhuwah

calon bupati karawang mengatakan...

wah baru tahu ternyata cemilan saya bisa mempunyai banyak kegunaan :) he.. he...

ina mengatakan...

wuihhh keren.... :D

Bisnis n Hobby Blog mengatakan...

good artikel kawan, salam blogger

Business and financial services mengatakan...

wew...memang mantab tuh...harus segera dipaten kan dan segera berkerja sama dgn pihak terkait untuk menjalankan proram ini...selain murah tentu hasil pebakarannya tidak menimbulkan polusi separah pembakaran bensin/solar.

selain ubi, sawit juga bisa di jadikan biofuel,tapi tentu saja tidak semurah ubi hehehe :)

pekik mengatakan...

wahhh klo singkong mending di goreng aja sob..

hahaha..wahhh coba klo BB motorku pake singkong

hemat 99 % neeh

budiawanhutasoit mengatakan...

brazil sudah mulai menggantikan BBM fosil dengan berbahan dasar jagung. makanya tidak terlalu terguncang bila harga BBM dunia naik.
Indonesia yg punya tanah super duper subur, seharusnya bisa lebih dari Brazil. Buktinya singkong ini..
tinggal, MAU atau tidak.
dulu semua begitu semangatnya dengan tanaman jarak. tapi sekarang hilang tak berbekas.
Pemerintah harus lebih mendorong penggunaan bahan bakar non fosil. sehingga tidak dipusingkan dengan persoalan subsidi BBM. apalagi subsidi premium utk motor akan dicabut. weleh-weleh...

ureh mengatakan...

kirain singkongnya jadi supir,haha..
keren nih, ramah lingkungan cuy..

Narzis Blog mengatakan...

WEW..banyak juga yah yang udah nyobaion teknologi ini.
Patut diapresiasi dengan setingi2'nya nih :)

Salon Oyah mengatakan...

Manttappss infonya, sob... btw, sambil naik mobil itu, disetelin lagu era thn 80-an "Singkong Dan Keju" ... wehehe... yg perlu diingat di sini adalah biaya Bahan Bakar Singkong-nya, plus mendptkannya... krn belum ada SPBU yg jualan singkong... wehehe... okelah kalaw begituw, sukses aja ya sooobbb... lannnjjjjuuuuutttt....

berita bola mengatakan...

informasi nya bagus banget sob...jadi inspirasi buat pedagang singkong

aguestri mengatakan...

Mondar mandir baca artikel sahabat blogger

Warna Tulisan mengatakan...

semoga saja harga Singkong tidak menjadi meroket ... !

rental mobil di surabaya mengatakan...

semoga harga minyak dunia turun
heheheh

Akbar Mubarrak mengatakan...

wah menarik sekali sobat artikelnya dan terima kasi telah berkunjung ke blog ku di www.pakakbar.co.cc

4-bang mengatakan...

emang singking ni mobil wkkwkkwkwk :))

bento mengatakan...

wah keren neh!!!
seandainya mobil2 sekarang udah pke bahan bakar dari singkong semua pasti udara jd lebih bersih!!!

odonk's mengatakan...

wew..
nice nih....
coba klo motr ane bisa pke nie bhan bakar... :D

Cecep Adi Kustaman mengatakan...

Keren bro..................

Warna Tulisan mengatakan...

kapan mulai dipasarkan sahabat ...?

Obat Herbal Penyakit Jantung mengatakan...

wah kok bisa juga yah,, hehe
mantap sekali tuh sob,,, hehe
makasih banyak atas infonya

obat herbal asam urat mengatakan...

hahayy uniq gan infonya..
mksih yach..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com