Kamis, 17 Desember 2009

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1431 H

. Kamis, 17 Desember 2009

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1431 H kepada umat Muslim. Semoga di tahun yang baru ini Allah memberikan kekuatan untuk menjadikan amal ibadah kita menjadi lebih baik, menambah spirit tuk selalu berbuat kebaikan dan semakin bermanfaat bagi banyak orang-orang di sekitar kita.

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam, adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di kebanyakan negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah menggunakan sistem kalender lunar (komariyah). Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M.

Mengikuti tahun hijriyah akan lebih mengakrabkan kita dengan alam, dan otomatis akan lebih mendekatkan kita kepada Allah Sang Pencipta Yang Maha Kuasa. Setiap awal tahun hijriyah seperti ini kita seharusnya sebagai umat Islam segera membangun semangat baru untuk meningkatkan ketakwaan dalam diri kita. Meningkatkan ketaatan kepada Allah. Dan kita segera mengucapkan pada hari-hari yang telah lewat dari tahun 1430 H. "Selamat jalan, selamat menjadi teguran sejarah atas segala kekurangan dan kami berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang telah menyebabkan malapetaka dan kesengsaraan terhadap hidup kami di dunia maupun di akhirat".

Sebenarnya ada hal yang menarik dari setiap kita memasuki tahun baru yaitu munculnya kesadaran baru dalam diri kita. Kesadaran akan beberapa hal : Pertama, kesadaran bahwa diakui atau tidak usia kita telah berkurang. Sementara investasi pahala untuk simpanan di akhirat masih sangat tipis, dibanding nikmat-nikmat Allah yang setiap detik selalu mengalir yang tiada putus-putusnya. Dari segi ini saja kita seharusnya merasa malu, di mana kita yang mengaku sebagai hamba Allah tetapi dalam banyak hal orientasi kita menkonsumsi nikmat-nikmat Allah dan lupa bersyukur kepadaNya, bahkan kita sering mengaktualisasaikan diri kita sebagai hamba dunia. Kita masih saja lebih banyak sibuk menginvestasi kepentingan dunia dari pada investasi untuk akhirat. Semoga semangat untuk membangun kemegahan akhirat lebih kuat dari semangat untuk membangun kemegahan dunia. Kedua, pada tanggal 1 Muharram kita menyaksikan suatu perubahan waktu yang ditandai oleh pergeseran alam, yaitu munculnya bulan sabit tahun baru di ufuk barat. Dari sini kita menyaksikan diri kita berjalan seirama dengan perjalanan segala wujud di alam ini. Allah SWT yang menciptakan semua mahluk, selalu mengajarkan kita agar senantiasa memperhatikan kebesaraNya dengan menyaksikan keteraturan dan kerapian ciptaanNya di alam semesta ini. Untuk itu kita diajarkan pula agar dalam menjalani ibadah kepadaNya selalu memperhatikan waktu-waktu tertentu yang sejalan dengan perputaran tata surya.

Jika memang beribu kekurangan melekat pada diri kita ditahun sebelumnya, semoga di tahun ini kita bisa membenahi dan memperbaiki semua kekurangan tersebut, dan jika seandainya hal-hal yang sudah dirasa baik yang melekat pada diri kita, mudah-mudahan dapat ditingkatkan perihal kebaikan tersebut atau paling tidak dipertahankan. Semoga kita mampu mengatasi dan melewati segala bentuk ujian hidup yang senantiasa melekat dan mutlak adanya dalam kehidupan ini.

22 komentar:

harto mengatakan...

Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1431 H

Dokter Blog mengatakan...

Semoga di taun berikutnya diberilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah

Dunia Ifat mengatakan...

Met Tahun Baru Hijriyah, semoga islam tetap jaya

Astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

Selamat tahun baru islam bos, semoga di tahun yang baru ini peningkatan ibadah kita semakin hebat lagi...amiinn.. sukses selalu

Saung Web mengatakan...

Selamat haun baru hijriyah sobat.. semoga segalanya akan menjadi lebih baik dari tahun2 sebelumnya. Amin

pendi health tips mengatakan...

selamat tahun baru juga bung :)

intermezo mengatakan...

selamat tahun baru hijriyah, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemrin... amin :)

asal-klik mengatakan...

selamat tahun baru juga agan² sekalian..

jha mengatakan...

semoga tahun yang baru ini bisa menambah semangat dalam beribadah maupun berkarya

the international times mengatakan...

semoga ditahun yg baru kita semua bisa merenungi kesalahan yg pernah kita buat,dan mulai menjalani hidup baru yg jauh dari segala larangan dr yg diatas :)

dellanovski mengatakan...

met tahun baru juga bang, maaf telat dikit :)

Johnson Manurung mengatakan...

Happy Moslem New Year 1431 Hijriyah

Sohra Rusdi mengatakan...

Selamat Tahun Baru Hijriyah Mari berhijrah dari keburukan kearah kebaikan

Aryo Halim mengatakan...

Selamat tahun baru hijriyah jg, smoga bertambah yang baik2 dan berkurang yang buruk2

rachmat mengatakan...

selamat tahun baru juga, moga ke depan lebih baik ^_^

Nature and Culture Indonesia mengatakan...

selamat tahun baru juga

Unknown mengatakan...

selamat tahun baru hijriah juga ya...semoga kedepan kita lebih baik lagi dalam berbagai hal dalam hidup ini .....amin...salam.

phonank mengatakan...

Selamat tahun baru Hijriyah...

semoga kita bisa hidup dengan penuh kedamain dan ketentraman

Gotblogger mengatakan...

saya juga mengucapkan selamat tahun baru hijiryah bagi yang merayakannya^^

coretan asal mengatakan...

semoga di tahun baru ini kita semakin mendapatkan barokah dari Allah SWT.... amien

gak mutu mengatakan...

net tahun baru Islam ...
semoga di tahun yang baru dengan semangat baru juga ...

Anonim mengatakan...

Selamat Tahun Baru Hijryah juga, semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya =)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com