Sabtu, 17 Januari 2009

CARA DAFTAR BLOG KE SEARCH ENGINE

. Sabtu, 17 Januari 2009

Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine (populernya Google), tapi kenyataannya tidaklah demikian. Seperti halnya sebuah sekolah/PT, agar nama kita terdaftar pada buku daftar siswa/mahasiswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke lembaga tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.

Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, berikut tips n trik untuk mendaftarkan blog kita melalui mesin pencari sebagai berikut:

* Daftar Google

Untuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, atau klik di sini, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan:
* URL --> Isi dengan URL blog sobat.
* Comments --> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat
* Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
* Klik tombol Add URL
* Selesai.

* Daftar Yahoo!
Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan sobat klik di sini atau bisa juga kunjungi ke https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Tetapi untuk mendaftar ke yahoo, anda harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan buat email dahulu, dan bagi yang sudah punya tinggal login dengan username serta password anda. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL sobat, kemudian klik tombol Add URL, selesai.

16 komentar:

ryendzoom mengatakan...

Trims atas artikelnya,
selama ini saya masih menggunakan cara promosi blog yang manual
spt insert di FS
FB
dan Milis

rozi mengatakan...

trim's infonya, kalo alamatnya udah disediain di sini enak deh.. g' usah repot2 nyari alamatnya.
trims bro..

Lusi mengatakan...

bagus infonya mau saya coba ah...

Salam,

Awal Sholeh mengatakan...

terima kasih artikel mas saya udah coba beberapa kali tapi blm ada perubahan coba lagi dan coba lagi ;)

http://awalsholeh.blogspot.com/

Awal Sholeh mengatakan...

ok mas, thanks infonya. saya cb bangun poting n sminggu sekali promosi ke google n yahoo. salam sukses.

http://awalsholeh.blogspot.com/

heru mengatakan...

Thanks atas infonya

Awal Sholeh mengatakan...

SAYA coba buat widget dit4 saya mas. thanks infonya

bisnis tanpa modal mengatakan...

ksh atas tips-tipsny, sngt membantu bgt

roza mengatakan...

infonya sangat berguna bagi saya untuk pemula,trims

Ambar mengatakan...

aku baru sempet baca artikel ini, tapi langsung aku coba.. makasih..

fathony mengatakan...

sebelumnya mksh buat infonya, gini saya punya blog yang sudah terindek di mesin pencari google tapi setelah saya ganti URLnya yang baru. knpa yang baru nggak bisa terindek padahal udah daftar berkali-kali

ureh mengatakan...

wew..makasih infonya gan

novalim mengatakan...

sangat membantu.. trims..

Hp Cartridge Refill mengatakan...

This is my first time i visit here. I found so many entertaining stuff in your blog, especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

pandujarkasih.co.cc mengatakan...

terima kasih infonya. saya udah coba daftar google dan yahoo search. yang google berhasil dan yang yahoo kenapa waktu coba di search no result. apa harus menunggu beberapa waktu untuk dapat terindex? atau ada yang salah? thanks

daftar yahoo mengatakan...

makasih mas atas sara

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan Isikan Komentar Anda:

 
TovaZone is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com